Politik Transaksional

Politik transaksional adalah secara sederhana inti dari bahasa transaksi atau kesepakatan - kesepakatan antara dua belah pihak yang memiliki tujuan bersama. Biasanya dilakukan lobi-lobi dan deal - deal tertentu untuk bisa menyatukan kedua belah pihak.

Baca Juga : Pengertian Opini Publik

Politik transaksional biasa akan saling menguntungkan kedua belah pihak pada saat itu maupun dimasa yang akan datang. Seperti Contoh pihak yang akan menjadi pemimpin dengan pihak pengusaha, sering terjadi saling mendukung, pihak pengusaha akan membiayai seorang calon bupati dan jika terpilih sang pegusaha akan mendapatkan proyek.

Baca Juga : Pengertian Politik Secara Sederhana

Begitupun politik tranksasional yang telah banyak menyeret anggota DPR baik pusat maupun daerah karena adanya deal - deal untuk meloloskan anggaran pada suatu proyek  tertentu yang  nilai proyeknya yang tidak wajar, sehingga eksekutif atau pemerintah dan pengusaha akan membagi komisi proyek kepada anggota dewan.

Politik Transaksional wajib di cegah dan dilaporkan jika kita mengetahuinya. Dicegah dengan tidak memilih calon-calon yang dibiayai oleh cukong atau sponsor yang akan memonopoli proyek atau pembangunan didaerah. Karena akan merugikan bagi kita dan masyarakat karena bisa jadi kualitas pembangunan akan kurang. Serta bisa jadi penegakan hukum didaerah tersebut akan tumpul karena adanya orang-orang yang wajib di lindungi.

Comments

Popular posts from this blog

APPABOTTINGENG RI TANAH UGI II( PERKAWINAN DI TANAH BUGIS )

Mahar Bugis ( Dui Pappenre )

FILSAFAT ORANG BUGIS SEBELUM MERANTAU ( TIGA UJUNG )