PENGERTIAN OPINI PUBLIK



Opini Publik adalah sejumlah persepsi yang diekspresikan sejumlah orang mengenai isu yang menyangkut kepentingan umum. Yang bisa sangat menentukan suatu keputusan atau pilihan. Opini publik merupakan sebuah kekuatan yang bisa terbentuk dalam masyarakat yang menyangkut kehidupan sosial.


Pada masa saat ini perkembangan opini publik banyak dipengaruhi oleh media massa atau media informasi lainnya yang bermetamorfosis menjadi kekuatan besar, yang mampu menggiring opini ke masyarakat sehingga masyarakat bisa terpengaruh dalam menentukan pilihan maupun pendapatnya

Cara Mengetahui Adanya Opini Publik.

Tahun 1965 sewaktu pembrontakan GESTAPU/PKI ada pertentangan antara PKI dan pendukung Pancasila yang kemudian menjadi Orde Baru. Pertentangan terjadi setelah mendengar bahwa ada pembunuhan terhadap para Jendral oleh PKI. Pembrontakan PKI (GESTAPU/PKI) berlangsung di mana-mana, akan tetapi langsung dapat ditumpas. Hal tersebut juga kita dengar dari surat kabar, radio, televisi dan film, rapat-rapat, pidato-pidato, di forum ceramah dan di mana saja.Gejala tersebut disebut public opinion atau opini publik.

Baca Juga : Pengertian Politik Secara Sederhana

Untuk memahami opini seseorang dan publik tidaklah mudah. Menurut R.P. Abelson, hal ini berkaitan dengan:

  1. Kepercayaan mengenai sesuatu (belief)
  2. Apa yang sebenarnya dirasakan atau menjadi sikapnya (attitude)
  3. Persepsi. Suatu pengalaman tentang objek, peristiwa, atau hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi serta menafsirkan pesan dan persepsi merupakan pemberian makna pada stimuli inderawi.

Comments

Popular posts from this blog

APPABOTTINGENG RI TANAH UGI II( PERKAWINAN DI TANAH BUGIS )

Mahar Bugis ( Dui Pappenre )

FILSAFAT ORANG BUGIS SEBELUM MERANTAU ( TIGA UJUNG )