Dahsyatnya Issu Politik Identitas

Melihat kondisi Geografis Bangsa Indonesia, yang terdiri dari berbagai macam suku,etnis dan agama. Politik Identitas tidak dapat terhindarkan, Politisasi isu-isu identitas masih menjadi narasi dominan dalam berbagai perbincangan dan perdebatan Pemilu. Yang tidak dapat terhindarkan dengan disertai banyaknya berita bohong atau Hoax.

Politik Identitas adalah sebuah alat politik suatu kelompok seperti etnis, budaya, agama atau yang lainnya untuk tujuan tertentu misalnya sebagai bentuk perlawanan atau sebagai alay untuk menunjukkan jati diri suatu kelompok tersebut. Identitas di politisasi melalui interprestasi secara ekstrim, yang bertujuan untuk mendapat dukungan dari orang-orang yang merasa "sama", baik secara ras, entnitas, agama. maupun elemen prekat lainnya. (wikipedia)

Baca Juga : Perbedaan Black Campaign ( Kampanye Hitam ) dan Negative Campaign

Menurut Abdillah (2002) Politik identitas merupakan politik yang fokus utama kajian dan permasalahnya yang menyangkut perbedaan-perbedaan yang didasarkan atas asumsi asumsi fisik  tubuh, politik etnitas atau primordalisme, dan pertertentangan agama, kepercayaan atau bahasa.

Politik Identitas hadir ditengah masyarakat yang penyebaran issunya dapat begitu berkembang seiiring dengan perkembangan tekhnologi informasi yang begitu pesat, team sukses maupun team pemenangan begitu lihai mengelola politik identitas, meskipun terkadang mereka membantah memainkan issu - issu identitas ini.

Adanya kegagapan menghadapi politik identitas dan kondisi masyarakat yang plural, sehingga terkadang menimbulkan sikap intoleransi yang sampai saat ini cenderung meningkat, menimbulkan berbagai macam perpecahan yang membawa nama agama dan etnik.

Dalam perkembangannya dalam beberapa tahun terakhir ini, identitas agama cenderung lebih besar untuk di mainkan dalam kontestasi politik baik PILKADA maupun PILPRES, sehingga menimbulkan gejolak di kehidupan masyarakat umum, yang dari dulu hidup rukun, meskipun politik identitas telah jauh dimasalalu telah hadir ditengah-tengah kita.

Peran Industri Buzzer

Buzzer adalah istilah umum dari salah satu aktor penting dalam dunia pemasaran digital. Menariknya, Strategi pemanfaatan buzzer mulai direplikasi dalam kontestasi politik di Indonesia seiiring dengan perkembangan penggunaan media sosial oleh masyarakat. Beberapa riset menyebutkan bahwa buzzer muncul melalui dua cara, yakni secara organik atau karena keinginan pasar. Selain itu buzzer juga memiliki peran  yang signifikan dalam menyampaikan pesan atau isu. (CIPG 2017, CSIS 2008)

Baca Juga : Pengertian Geopolitik Secara Sederhana

Kesimpulan, bahwa politik identitas telah lama muncul dan berkembang, didukung dari banyaknya suku, ras, etnis dan agama yang ada di Indonesia, politik identitas tidak dapat dihindarkan karena sebagian pada kenyataannya dimanfaatkan untuk tujuan tertentu termasuk keterpilihan dan kontestasi.

Menjadi tanggung jawab oleh team pemenangan kandidat untuk bertanggungjawab mengontrol manajemen issu agar tidak menjadi menimbulkan distorsi informasi dan kampanye liar di media sosial. Serta team sukses mendorong perdebatan public yang menggunakan data sehingga dapat meminimalisir politik identitas.

Comments

Popular posts from this blog

APPABOTTINGENG RI TANAH UGI II( PERKAWINAN DI TANAH BUGIS )

Mahar Bugis ( Dui Pappenre )

FILSAFAT ORANG BUGIS SEBELUM MERANTAU ( TIGA UJUNG )