Pentingnya PEMILU Dan DEMOKRASI

Sejak berakhirnya Orde Baru dan berubahnya sistem pemilihan dari pemilihan yang dilakukan dimana seorang calon Presiden, Gubernur dan Bupati/Walikota dipilih oleh DPR, DPRD I dan DPRD II dengan pemilihan langsung, iklim demokrasi kita terasa membawa angin segar. Bagaimana tidak sudah waktunya rakyat yang menentukan pemimpinnya, seorang pemimpin juga memiliki legalitas dan kedudukan yang tidak mudah digoyahkan karena dipilih langsung oleh konsitutennya atau masyarakat yang mayoritas.

Baca Juga : Politik Transaksional , Pengertian Perbedaan Pandangan Politik

Pemilu merupakan proses pergantian kekuasaan secara damai yang dilakukan secara berkala yang sesuai diamanatkan konstitusi atau undang-undang, proses Pemilu memiliki tahapan - tahapan yang telah di atur dalam undang-undang, semua negara demokrasi pasti menyelenggarakan Pemilu, tetapi tidak semua Pemilu berlangsung demokratis.

Baca Juga : Politik Uang Salah Satu Jalan Ninja Memenangkan Pemilihan

Demokrasi yang diawali dari Pemilu harus menghasilkan pemimpin yang berintegritas. Dan Pemilu yang berintegritas, diawali dari penyelenggara Pemilu yang berintegritas, besar sekali kaitannya dan satu saja proses yang tidak jujur akan menimbulkan sesuatu yang buruk ataupun terjadi seuatu kecurangan yang sudah pasti akan menghasilkan seorang pemimpin yang lahir dari proses yang tidak berintegritas.

Syarat pemilihan demokratis :

1. Regulasi yang jelas dan tegas

2. Peserta Pemilu yang taat aturan

3. Pemilih yang cerdas dan partisipatif

4. Birokrasi netral

5. Penyelenggara yang kompeten dan berintegritas.

Comments

Popular posts from this blog

APPABOTTINGENG RI TANAH UGI II( PERKAWINAN DI TANAH BUGIS )

Mahar Bugis ( Dui Pappenre )

FILSAFAT ORANG BUGIS SEBELUM MERANTAU ( TIGA UJUNG )