Perbedaan Black Campaign ( Kampanye Hitam ) Dan Negative Campaign




Menjelang Pilkada maupun pemilihan kontestasi biasa kita menemukan beberapa isu yang cenderung miring maupun menjatuhkan, baik itu secara terbuka maupun tertutup, yang memang sengaja di olah oleh individu maupun kelompok - kelompok dari seorang calon, sehingga dapat melakukan branding atau penggambaran calon yang mereka dukung, segala hal positif dan janji dari program calon mereka akan dibuat lebih unggul dari lawan.

Dalam proses branding maupun penggambaran calon biasa di ikuti dengan issu maupun sentilan kepada calon lawan yang dianggap kelemahan. Sehingga bisa menjadi perhatian publik maupun masyarakat bahwa mereka unggul dari sisi - sisi tertentu.

Baca juga : Pengertian Politik Secara Sederhana

Pengertian Kampanye 

Pengertian Kampanye adalah sebuah tindakan dan usaha yang bertujuan untuk mendapat pencapaian dukungan, usaha kampanye,  dilakukan oleh perorangan maupun sekelompok orang yang terorganisir untuk melakukan pencapaian suatu proses pengambilan keputusan didalam suatu kelompok, kampanye juga dilakukan untuk dapat mempengaruhi sebuah keputusan dan pilihan seseorang maupun kelompok.

Baca Juga : Pengertian Geopolitik Secara Sederhana

Kampanye Hitam dan Kampanye Negatif

Kampanye Hitam adalah sebuah proses mencari dukungan dengan membuat - buat keselahan atau dengan kasar menuduh lawan / Fitnah, untuk menjatuhkan lawan tanpa disertai bukti maupun data yang benar. Contoh Si Calon Gubernur A adalah mantan pengguna Narkoba atau pengguna Narkoba, tetapi dalam issu maupun tudahan itu tidak disertai dengan bukti tes, maupun data yang ada dan benar. kampanye hitam ( Black Campaign ) cenderung mengada - ada dan fitnah. 

Kampanye Negatif adalah Sebuah proses mencari dukungan yang dilakukan oleh individu maupun kelompok untuk menyerang kekurangan lawan maupun kelemahan lawan yang secaara nyata terlihat dan dapat dibuktikan, sehingga dianggap memaikan issu tersebut dapat menggerus suara pemilih lawan atau merusak popularitas dan elektabilitas lawan. Contoh, Si Bupati B sudah tua, Atau Si bupati C berpoligami atau memiliki istri lebih dari satu, dan pada kenyataannya Si Bupati A memang sudah tua atau si Bupati C memiliki istri lebih dari satu dan bisa dibuktikan. sehingga menjadi kelemahan dan kekurangan yang terus diserang. adalah pengertian dan contoh kampanye Negatif ( Negative Kampanye ) secara sederhana. 

Perbedaannya secara sederhana adalah Kampanye Hitam mengada - ada cenderung fitnah, sedangkan kampanye negatif adalah menyerang kelemahan lawan yang dapat dibuktikan. 

Comments

Popular posts from this blog

APPABOTTINGENG RI TANAH UGI II( PERKAWINAN DI TANAH BUGIS )

Mahar Bugis ( Dui Pappenre )

FILSAFAT ORANG BUGIS SEBELUM MERANTAU ( TIGA UJUNG )