Batra Wajo ( Pemenangan Bupati Wajo ) Bagian I






MASA PENDAMPINGAN PEMENANGAN BUPATI WAJO 2014 – 2019
 Pertama Penulis merencanakan menulis tulisan ini supaya bisa menjadi referensi buat pembaca dan bisa menjadi sebuah catatan khusus dan pedoman bagi penulis untuk menyonsong pemilihan – pemilihan di masa yang akan datang, sehingga dengan adanya tulisan ini setidaknya kenangan serta perjuangan dan paling penting adalah Program –program pendampingan serta pelajaran penting dari sebuah perusahaan pendampingan tersukses di Indonesia Yaitu PT. Jaringan Suara Indonesia ( PT. JSI ), Sayangnya Penulis sudah lupa sampai hari ini berapa pemilihan yang telah di menangkan dan telah berapa Anggota DPRD yang telah di Loloskan tetapi pada saat sebelum saya di kontrak dan masa tes Wawancara saya mendapat informasi kalau mereka dan kami telah memenangkan 177 Pemilihan Kepala Daerah dan meloloskan Anggota DPR dan DPRD.
 Penulis di kontrak selama 1 tahun oleh PT. Jaringan Suara Indonesia pada waktu itu tanggal 26 Juni 2012, atau 2 Tahun sebelum pemilihan Bupati Wajo atau hampir 9 Bulan sebelum pemilihan Gubernur Sulawaesi Selatan. Saya diangkat sebagai Asisten Kordinator Area Kabupaten Wajo Pemenangan Bupati dan Wakil Bupati Wajo, ada hal yang sangat tidak bisa saya lupakan awal saya di rekrut, yaitu perbincangan saya dengan teman kampus saya, dan menawarkan saya pekerjaan ini, dan saya diajak untuk mengikuti tes wawancara langsung oleh Kordinator Area Pendampingan Pemenangan PT. JSI Kabupaten Wajo yang pada waktu itu di pegang oleh Saudara Saya Kakanda Erwin Syaputra, beliau orang Bone, yang Penulis ingat betul menjadi nilai plus saya pada waktu itu dibandingkan teman – teman lain yang mengikuti tes untuk perekrutan asisten kordinator area, adalah hanya karena saya menghapal 14 Kecamatan yang ada di kabupaten wajo serta dapat mengambarkan jalurnya serta karena saya dapat mengemudikan mobil. Cukup lucu untuk dikenang.
 Setelah saya resmi diterima oleh Kordinator Area pada waktu itu, kami sudah mulai bergerak untuk membangun jaringan di setiap kecamatan yang ada di kabupaten Wajo yang sebanyak 14 kecamatan, ini merupakan tantangan yang sangat besar bagi saya dan bagi kami sebagai team, karena saya merupakan orang asli daerah, sudah pasti merupakan orang yang paling diandalkan bisa melakukan perekrutan kordinator di setiap kecamatan untuk membangun jaringan pemenangan. Kesulitan kami dalam melakukan perekrutan adalah bagaiamana kami mengidentifikasi bahwa orang/ calon kordinator ini masih Pro pada Bupati Wajo ( A. Burhanuddin Unru ) atau masih mendukung Bupati dan bisa dipercaya dalam berbagai hal berjalannya program sampai ke Relawan dan bisa bermanfaat dan di terima baik oleh masyrakat sehingga pekerjaan kami bisa tepat sasaran dan bisa mencapai target. Salah satu persyaratan kontrak pada waktu itu adalah telah siapnya Kordinator di setiap kecamatan yang ada di kabupaten wajo, dengan bantuan sahabat, keluarga, teman dan relasi kami merampungkan perekrutan kordinator kecamatan pada waktu itu sekitar 2 minggu, yang betul – betul membutuhkan identifikasi yang sangat bagus, jangan sampai kejadian di wilayah lain yang sampai penipuan terjadi pada kami, tetap Alhamdulillah karena orang wajo memang terkenal Siri / Malu, sehingga setiap kepercayaan bisa kami pegang, meskipun pada perjalanannya kami juga mendapatkan orang – orang yang memang hanya mencari uang dari pekerjaan ini, tetapi kami berhasil mengidentifikasi lebih cepat sehingga kami bisa evaluasi dan melakukan pergantian di kemudian hari.
 Selanjutnya laporan nama – nama dan identitas lainnya semua kordinator Kecamatan kami laporkan kepada supervisi dan sekaligus tanda tangan kontrak di Makassar. Setelah kembali ke Kabupaten Wajo. Tugas pertama kami sungguh diluar perkiraan saya sebagai orang yang awam politik, kami hanya ditugaskan untuk nongkrong di Warkop – warkop yang memang banyak komunikasi politiknya, sehingga kami bisa tahu perkembangan politik melalui analisis perbincangan orang – orang di Warkop.
Program – program Awal :
1.       Program Pelatihan Hipnoteraphy
 Inilah langkah pertama saya sebagai seorang asisten Kordinator Area pada waktu itu, tugas saya yang memang hanya memberikan petunjuk dan menjadi petunjuk jalan, maklum saja Kordinator saya seorang Dari Kabupaten Bone dan Supervisi saya berasal dari Makassar, sehingga saya sangat diandalkan untuk menjadi penunjuk jalan.
 Pada hari itu seorang ahli hipnoteraphy hadir dikota kecil kami, seorang hipnoteraphy lulusan Amerika Serikat, membutuhkan sebuah Hotel dengan Room Kelas Terbaik, kalau saya tidak salah ingat namanya adalah ibu Kumalasary, sayapun bergerak untuk menyiapkan hotel dengan kamar sesuai pesanan, setalah saya berkeliling sangat sulit mendapatkan kamar yang dimaksud, sehingga saya memesan kamar dengan satu tingkatan dibawah pesanan beliau, apa boleh dikata kamar tersebut tidak dapat diterima oleh beliau, merasa tidak cocok dengan kebutuhan beliau, saya disuruh langsung berkeliling bersama pindah dari hotel satu ke hotel lainnya, Tetapi Memang Kami tidak dapat mendapatkan sesuai keinginan beliau, sehingga beliau berkata kepada saya, “ hotel yang paling bagus disengkang ini itu tadi yah.?”, sayapun dengan sedikit malu dan kesal saya jawab “ Iya bu”.
Setelah beristirahat sejenak saya dan supervisi bersdiskusi dan disuruh memberikan alamat Rumah Jabatan Bupati Wajo pada waktu itu, Dengan tanpa kesalahan  sedikitpun saya menggambarkan letak rumah jabatan di mulai dari keluar hotel, karena beliau memiliki janji untuk bertemu dengan Bupati Wajo ( A. Burhanuddin Unru ).
 Selepas pertemuan malam itu saya mulai bertanya kepada Kordinator Area saya pada waktu itu mengenai tentang ahli hipnoteraphy dan apa kegunaannya menjelang pemilihan bupati ini. Dengan gamblang menjelaskan kepada saya bahwa kegunaan ilmu hypnoteraphy ini adalah bagaimana gaya bahasa kita sehingga orang memerhatikan dan mau mengikutinya, dan orang pertama di Indonesia yang mampu melakukannya dan tanpa dia sadari dia menggunakan Hipnoteraphy adalah Bapak Bangsa Kita IR. Soekarno.
 Hari kedua setelah pertemuan di hotel adalah saya di perintahkan menjadi penunjuk jalan menuju ke sebuah acara di gereja di kecamatan Pitumpanua sekitar 7 Km dari Jalan Raya Desa Awo, saya mengantar supervisi dan ibu kumalasary pada waktu itu, untuk ternyata melihat perkembangan cara komunikasi dan pidato pak Bupati pada waktu itu, tanpa diperintahkan atau banyak tanya sayapun mulai aktif untuk belajar cara – cara berkomunikas dengan menggunakan hipnoteraphy dan beliau tidak pelit mengajarkan kami di sepanjang perjalanan.
 Hari ketiga kami kembali menuju Kecamatan Bola tepatnya Desa Pasir Putih, disini kami lebih dulu sampai atau tiba dilokasi acara pelantikan Kepala Desa Pasir Putih pada hari itu, jadi kami memiliki banyak waktu untuk mengikuti Pidato dan cara komunikasi Bupati Wajo mulai dari Awal Pidato Sampai Akhir, Kami mencatat semua poin – poin materi yang telah diajarkan dan yang diaplikasikan beliau pada pidato pada hari itu, poin yang selalu teringat dalam cara – cara Hypnoteraphy ini adalah bagaimana gaya bahasa kita setiap 10 – 15 Menit kita berusaha berkomunikasi dengan masyarakat atau yang sedang mendengarkan kita berpidato contohnya : BETUL...
2.       Program Kedua Adalah Program Bulan Suci Ramadhan
1.       Pemasangan Iklan Radio
a.       Pemasangan Iklan Radio ini betul materi sampai perekaman kami yang mengatur yang berupa Ucapan Melaksanakan Puasa yang diputar Menjelang Imsak dan Setiap Selesai Sholat Wajib, Kami Memasang Di Dua Radio Yang Ada Di Kabupaten Wajo. Dan ucapan Menjelang Berbuka Puasa.
2.       Pemasangan Spanduk Ucapan Selamat Menunaikan Ibadah Bulan Suci Ramadhan
a.       Pemasangan Spanduk Ucapan ini dipasang di setiap mesjid yang ada di kabupaten Wajo, yang diisi dengan gambar dari Bupati Wajo beserta Ucapannya 
b.      Pembagian Jadwal Imsakiah dengan cara Door To Door oleh para Relawan Batra Wajo. Pembagian jadwal imsakiah ini dilakukan secara massive oleh relawan dari rumah kerumah ( door to door )

Comments

Popular posts from this blog

APPABOTTINGENG RI TANAH UGI II( PERKAWINAN DI TANAH BUGIS )

Mahar Bugis ( Dui Pappenre )

FILSAFAT ORANG BUGIS SEBELUM MERANTAU ( TIGA UJUNG )