Batra Wajo ( Pendampingan Pemenangan Bupati Wajo ) Bagian II

Batra Wajo ( Pendampingan Pemenangan Bupati Wajo ) Bagian II
  Pada bagian kedua ini penulis akan memasuki program – program inti dari Program Pendampingan Pemenangan Bupati Wajo, yang sangat bersentuhan dengan masyarakat yang disadari atau tidak dapat mempengaruhi dan menggiring opini sehingga bisa meyakini mereka tidak akan salah pilih.
  Sebelum memasuki pembahasan program – program, perlu sedikit penulis informasikan bahwa pada masa inilah penulis diberikan kesempatan untuk pertama kalinya menjadi KORDINATOR AREA, menggantikan kordinator area sebelumnya yang hanya bekerja selama 3 bulan, karena beliau ingin melanjutkan study S2 beliau. Kita kembali ke Program – program :
1.       Pembetukan Relawan
Pembentukan relawan adalah suatu program yang sangat sensitif dan bisa dikatakan sangat sulit dari segala program yang ada, jadi pembentukan relawan ini dilakukan oleh kordinator kecamatan mereka membentuk relawan disetiap desa sesuai proporsi relawan yang telah diberikan oleh Kordinator area dan asisten area dan mendapatkan pengawasan dan identifikasi relawan oleh kordinator kecamatan bersama kordinator area dan asisten area, peran dari kordintor kecamatan terl;ebih dahulu merekrut relawan dan mengambil data mereka yaitu berupa foto copy KTP dengan No. HP mereka. Sedangkan setelah data masuk kami Kordinator dan asisten area melakukan verifikasi melalui sms Gateway. Pada program inilah kualitas kordinator kecamatan di uji kualitasnya mereka masih bisa dipertahankan atau harus di evaluasi, ada beberapa kecamatan yang kami harus evaluasi pada masa ini salah satunya adalah Kecamatan Pitumpanua, karena kordinator kecamatan pada masa itu tidak mampu menyiapkan data – data relawan berjumlah 41 orang untuk kecamatan Pitumpanua pada waktu itu. Jumlah relawan untuk BATRA WAJO pada tahap awal pada waktu 400 orang relawan di 14 kecamatan 176 Kelurahan dan desa.

2.       Program Door To Door
Program door to door atau dari pintu ke pintu yang dilakukan oleh relawan inilah merupakan salah satu program penentu dalam pendampingan pemenangan, apabila program ini berjalan dengan baik, maka hasil survey bisa sangat berpengaruh dari hasil door to door ini, karena dapat meningkatkan popularitas dan elektabilitas calon, karena penyampaian materi dari program door to door ini langsung pada masyarakat sehingga calon yang kita usung bisa langsung dikenali masyarakat sehingga dapat meningkatkan popularitas dan penyampaian keberhasilan dan kelebihan calon kita dapat meningkatkan elektabilitas calon kita. Bukan hanya di survey kita bisa memenangkan atau meningkatkan elektabilitas dan popularitas calon, tetapi pada pemilihan langsungpun akan sangat berpengaruh.
Sebelum turun kelapangan para relawan di berikan pelatihan terlebih dahulu, biasanya relawan dikumpulkan sampai 100 orang perkelas dan diberikan beberapa materi dan kondisi di lapangan dan apa – apa yang mereka harus lakukan dan materi yang mereka bawakan kepada masyarakat serta cara penyampaiannya sehingga mudah diterima. Materi biasanya dibawakan oleh supervisi.
Adapun alat peraga yang di bekali kepada seorang relawan yaitu Kalender, Stiker dan profil ( Identitas calon dan prestasi – prestasinya ), kalender ini biasanya untuk masyarakat dapat manfaatkan, stiker sebagai penanda bahwa rumah ini telah di kunjungi oleh relawan kita, serta profil ini sebagai bacaan dan penyampaian informasi mengenai Identitas dan data serta prestasi – prestasi yang telah dicapai oleh calon kita
Disinilah peran besar dari relawan dan kordinator kecamatan mereka bisa menyampaikan ke masyarakat mengenai kelebihan calon kita serta apa – apa yang bisa menjadi prestasi - prestasi dan kelebihan yang dimiliki oleh calon kita.

3.       Program Spotcheck
Program ini adalah program yang dilakukan oleh kordinator area beserta asisten kordinator area, yaitu membentuk team dan relawan untuk melakukan spotcheck atau melakukan pemeriksaan dan evaluasi kepada kinerja kordinator kecamatan dan relawan di desa apakah mereka telah melakukan, biasanya team ini dibentuk per daerah pemilihan terdiri dari tiga team dan 1 orang relawan perdesa untuk melakukan spotcheck dilapangan hasil kerja relawan.
Setelah program door to door ini rampung sekitar 30 – 60 team desain, sudah menyiapkan desain dari program selanjutnya yaitu ruang publik dan biasanya desain yang sudah dianggap bagus dengan isi materi yang telah sesuai dengan pesan apa yang ingin kita sampaikan kepada masyarakat maka desain akan naik cetakan berupa Baligho, Banner dan Stiker.
4.       Program Ruang Publik
Program ruang publik adalah program yang mana di maksudkan adalah perkenalan melalui alat peraga yang dipasang pada ruang publik berupa Baligho, Banner dan Poster, biasanya pekerjaan ini dilaksanakan oleh team yang telah dibentuk oleh kordinator area dan dibentuk berdasarkan jumlah relawan tertentu yang dibutuhkan di setiap kecamatan karena proporsi setiap kecamatan berbeda – beda dari 5 – 9 perkecamatan sesusai dengan letak dan luas dari setiap kecamatan. Contoh paling sedikit baligho itu adalah kecamatan sajoanging dan yang terbanyak itu kecamatan Tempe dan Pitumpanua.
a.       Baligho
Baligho ini dibuat dalam satu ukuran biasa 2m x 3m dibuat dalam rangka besi maupun kayu, pada masa kami di 14 kecamatan yang kami sebar baligho pada waktu itu 70 Baligho rangka besi dan 30 baligho rangka kayu tersebar di 14 kecamatan yang ada di kab. Wajo.
b.      Banner
Banner ini kita buat dengan ukuran 30cm x 60cm dengan materi gambar dan pesan yang sama dengan yang di baligho, disebar 50 lembar perdesa dan dipasang pada tiang – tiang listrik dan pada pohon – pohon yang berada pada pinggir jalan, dibuat sedemikian massive sehingga terlihat dan dampak sebuah euforia kemenangan.
c.       Poster
Poster ini terbuat dari kertas yang di buat dengan ukuran 10cm x 20cm dibuat gambar calon bupati, dan alat perekatnya adalah lem dan pengerjaan ini dilakukan oleh relawan sekitar 3 – 5 orang perdesa, dengan jumlah perdesa itu sebanyak 500 lembar dan dipasang di tiang listrik sebanyak 3 lembar pertiang dan dipasang di ruko – ruko dan pasar – pasar yang ada dikecamatan dan desa dan dibuat secara massive.
Ini adalah program pokok dari pekerjaan pendampingan diluar dari strategi lain setelah melihat hasil survey dan pemetaan kekuataan lawan, dan munkin tidak etis untuk di tulis dalam tulisan ini dan biarkan penulis menyimpannya secara pribadi dan bisa di diskusikan langsung mengenai strategi lain dari sebuah pendekatan dalam pemenangan dalam hal – hal dan situasi yang dianggap penting dan sangat strategis, semoga tulisan ini bermanfaat dan akan kami sertakan beberapa dokumentasi pekerjaan kami pada waktu itu semoga bisa menambah ilmu pembaca dan penulis bisa mendapatkan keberkahan dan rejeki yang banyak menjelang pilkada dan pemilihan – pemilihan berikutnya.
                                                                                                                                Penulis
                                                                                                                Arif dinata / 085341732881


Dokumentasi








Comments

Popular posts from this blog

APPABOTTINGENG RI TANAH UGI II( PERKAWINAN DI TANAH BUGIS )

Mahar Bugis ( Dui Pappenre )

FILSAFAT ORANG BUGIS SEBELUM MERANTAU ( TIGA UJUNG )