Batra Wajo ( Pendampingan Pemenangan Bupati Wajo ) Bagian II
Batra Wajo ( Pendampingan Pemenangan Bupati
Wajo ) Bagian II
Pada bagian kedua ini penulis akan memasuki
program – program inti dari Program Pendampingan Pemenangan Bupati Wajo, yang
sangat bersentuhan dengan masyarakat yang disadari atau tidak dapat
mempengaruhi dan menggiring opini sehingga bisa meyakini mereka tidak akan
salah pilih.
Sebelum memasuki pembahasan program –
program, perlu sedikit penulis informasikan bahwa pada masa inilah penulis
diberikan kesempatan untuk pertama kalinya menjadi KORDINATOR AREA, menggantikan
kordinator area sebelumnya yang hanya bekerja selama 3 bulan, karena beliau
ingin melanjutkan study S2 beliau. Kita kembali ke Program – program :
1. Pembetukan
Relawan
Pembentukan relawan adalah suatu
program yang sangat sensitif dan bisa dikatakan sangat sulit dari segala
program yang ada, jadi pembentukan relawan ini dilakukan oleh kordinator
kecamatan mereka membentuk relawan disetiap desa sesuai proporsi
relawan yang telah diberikan oleh Kordinator area dan asisten area dan
mendapatkan pengawasan dan identifikasi relawan oleh kordinator kecamatan
bersama kordinator area dan asisten area, peran dari kordintor kecamatan
terl;ebih dahulu merekrut relawan dan mengambil data mereka yaitu berupa foto
copy KTP dengan No. HP mereka. Sedangkan setelah data masuk kami Kordinator dan
asisten area melakukan verifikasi melalui sms Gateway. Pada program inilah
kualitas kordinator kecamatan di uji kualitasnya mereka masih bisa dipertahankan
atau harus di evaluasi, ada beberapa kecamatan yang kami harus evaluasi pada
masa ini salah satunya adalah Kecamatan Pitumpanua, karena kordinator kecamatan
pada masa itu tidak mampu menyiapkan data – data relawan berjumlah 41 orang
untuk kecamatan Pitumpanua pada waktu itu. Jumlah relawan untuk BATRA WAJO pada
tahap awal pada waktu 400 orang relawan di 14 kecamatan 176 Kelurahan dan desa.
2. Program
Door To Door
Program door to door atau dari pintu
ke pintu yang dilakukan oleh relawan inilah merupakan salah satu program
penentu dalam pendampingan pemenangan, apabila program ini berjalan dengan
baik, maka hasil survey bisa sangat berpengaruh dari hasil door to door ini,
karena dapat meningkatkan popularitas dan elektabilitas calon, karena
penyampaian materi dari program door to door ini langsung pada masyarakat
sehingga calon yang kita usung bisa langsung dikenali masyarakat sehingga dapat
meningkatkan popularitas dan penyampaian keberhasilan dan kelebihan calon kita
dapat meningkatkan elektabilitas calon kita. Bukan hanya di survey kita bisa
memenangkan atau meningkatkan elektabilitas dan popularitas calon, tetapi pada
pemilihan langsungpun akan sangat berpengaruh.
Sebelum turun kelapangan para
relawan di berikan pelatihan terlebih dahulu, biasanya relawan dikumpulkan
sampai 100 orang perkelas dan diberikan beberapa materi dan kondisi di lapangan
dan apa – apa yang mereka harus lakukan dan materi yang mereka bawakan kepada
masyarakat serta cara penyampaiannya sehingga mudah diterima. Materi biasanya
dibawakan oleh supervisi.
Adapun alat peraga yang di bekali
kepada seorang relawan yaitu Kalender, Stiker dan profil ( Identitas calon dan
prestasi – prestasinya ), kalender ini biasanya untuk masyarakat dapat
manfaatkan, stiker sebagai penanda bahwa rumah ini telah di kunjungi oleh
relawan kita, serta profil ini sebagai bacaan dan penyampaian informasi
mengenai Identitas dan data serta prestasi – prestasi yang telah dicapai oleh
calon kita
Disinilah peran besar dari relawan
dan kordinator kecamatan mereka bisa menyampaikan ke masyarakat mengenai
kelebihan calon kita serta apa – apa yang bisa menjadi prestasi - prestasi dan
kelebihan yang dimiliki oleh calon kita.
3. Program
Spotcheck
Program ini adalah program yang
dilakukan oleh kordinator area beserta asisten kordinator area, yaitu membentuk
team dan relawan untuk melakukan spotcheck atau melakukan pemeriksaan dan
evaluasi kepada kinerja kordinator kecamatan dan relawan di desa apakah mereka
telah melakukan, biasanya team ini dibentuk per daerah pemilihan terdiri dari
tiga team dan 1 orang relawan perdesa untuk melakukan spotcheck dilapangan
hasil kerja relawan.
Setelah program
door to door ini rampung sekitar 30 – 60 team desain, sudah menyiapkan desain
dari program selanjutnya yaitu ruang
publik dan biasanya desain yang sudah dianggap bagus dengan isi materi yang
telah sesuai dengan pesan apa yang ingin kita sampaikan kepada masyarakat maka
desain akan naik cetakan berupa Baligho, Banner dan Stiker.
4. Program
Ruang Publik
Program ruang publik adalah program
yang mana di maksudkan adalah perkenalan melalui alat peraga yang dipasang pada
ruang publik berupa Baligho, Banner dan Poster, biasanya pekerjaan ini
dilaksanakan oleh team yang telah dibentuk oleh kordinator area dan dibentuk
berdasarkan jumlah relawan tertentu yang dibutuhkan di setiap kecamatan karena
proporsi setiap kecamatan berbeda – beda dari 5 – 9 perkecamatan sesusai dengan
letak dan luas dari setiap kecamatan. Contoh paling sedikit baligho itu adalah
kecamatan sajoanging dan yang terbanyak itu kecamatan Tempe dan Pitumpanua.
a. Baligho
Baligho ini dibuat dalam satu ukuran
biasa 2m x 3m dibuat dalam rangka besi maupun kayu, pada masa kami di 14
kecamatan yang kami sebar baligho pada waktu itu 70 Baligho rangka besi dan 30
baligho rangka kayu tersebar di 14 kecamatan yang ada di kab. Wajo.
b. Banner
Banner ini kita buat dengan ukuran
30cm x 60cm dengan materi gambar dan pesan yang sama dengan yang di baligho,
disebar 50 lembar perdesa dan dipasang pada tiang – tiang listrik dan pada
pohon – pohon yang berada pada pinggir jalan, dibuat sedemikian massive
sehingga terlihat dan dampak sebuah euforia kemenangan.
c. Poster
Poster ini terbuat dari kertas yang
di buat dengan ukuran 10cm x 20cm dibuat gambar calon bupati, dan alat
perekatnya adalah lem dan pengerjaan ini dilakukan oleh relawan sekitar 3 – 5
orang perdesa, dengan jumlah perdesa itu sebanyak 500 lembar dan dipasang di
tiang listrik sebanyak 3 lembar pertiang dan dipasang di ruko – ruko dan pasar
– pasar yang ada dikecamatan dan desa dan dibuat secara massive.
Ini adalah
program pokok dari pekerjaan pendampingan diluar dari strategi lain setelah
melihat hasil survey dan pemetaan kekuataan lawan, dan munkin tidak etis untuk
di tulis dalam tulisan ini dan biarkan penulis menyimpannya secara pribadi dan
bisa di diskusikan langsung mengenai strategi lain dari sebuah pendekatan dalam
pemenangan dalam hal – hal dan situasi yang dianggap penting dan sangat
strategis, semoga tulisan ini bermanfaat dan akan kami sertakan beberapa
dokumentasi pekerjaan kami pada waktu itu semoga bisa menambah ilmu pembaca dan
penulis bisa mendapatkan keberkahan dan rejeki yang banyak menjelang pilkada
dan pemilihan – pemilihan berikutnya.
Penulis
Arif
dinata / 085341732881
Dokumentasi
Comments
Post a Comment